loading

Mixed-Use Minimalis Modern

Renovation

Bangunan mixed-use antara rumah tinggal dan komersil berupa apotek dan office ini yang berlokasi di Jl. Sisingamangaraja, Kota Medan ini dirancang dengan gaya minimalis modern. Proyek ini merupakan proyek renovasi rumah 1 lantai, di mana pada halaman rumah yang cukup luas dilakukan penambahan massa bangunan 2 lantai.

Jenis Proyek : Renovasi
Arsitek : Rizky Annisa Lestari, S.T. dan Bonita Elisabeth H, S.T.
Lokasi Proyek : Sisingamangaraja, Medan
Luas Tanah : 63.57 m2 (8,15 m x 7,8 m)
Luas Bangunan : 94,425 m2


Image

Pak Sumantri

An image
An image
An image
An image
An image
An image
An image
An image
An image
An image

Introduction

Layanan

Bangunan mixed-use antara rumah tinggal dan komersil berupa apotek dan office ini yang berlokasi di Jl. Sisingamangaraja, Kota Medan ini dirancang dengan gaya minimalis modern.

Proyek ini merupakan proyek renovasi rumah 1 lantai, di mana pada halaman rumah yang cukup luas dilakukan penambahan massa bangunan 2 lantai.

Untuk lantai 1 diperuntukkan sebagai area bisnis/komersil, yaitu apotek dan office. Sedangkan lantai 2 merupakan hunian yang terdiri dari kamar tidur dan kamar mandi, gudang, serta balkon.

Fasad bangunan merupakan gabungan dari warna netral seperti putih, hitam, dan cokelat kayu ditambah dengan highlight berupa warna hijau muda dan merah.

Warna hijau muda untuk menunjukkan area apotek, sedangkan warna merah menunjukkan area office.

Teras belakang bangunan dibuat menyatu dengan teras depan rumah eksisting. Terdapat tangga menuju lantai 2 di bagian belakang bangunan.

Agar tidak terlihat monoton, pada fasad bangunan dibuat relief dari conwood yang disusun vertikal.

Pada lantai 1, area apotik terdapat banyak aksen kaca yang terdiri dari kaca mati dan pintu geser kaca dua daun pada area apotek.

Di dalamnya terdapat area penjualan obat, area apoteker, dan 1 toilet. Untuk interior apotek juga masih didominasi warna putih, hitam, cokelat kayu, dan hijau muda, sehingga menimbulkan kesan segar dan alami.

Pada area apoteker disediakan pintu keluar dari belakang menuju rumah eksisting.

Untuk office juga terdapat jendela kaca mati dan pintu swing satu daun. Interior area office sedikit berbeda dibandingkan eksteriornya yang menggunakan highlight warna merah.

Pada interior area office lebih didominasi warna putih, beige, dan cokelat kayu, sehingga menimbulkan kesan “clean” dan tenang.

Area office terdiri dari area customer, area penjualan, dan toilet. Sama seperti apotek, area office juga menyediakan pintu keluar dari belakang menuju rumah eksisting.

Pada lantai 2, terdapat balkon belakang yang cukup luas, kamar tidur dengan kamar mandi di dalamnya, dan juga gudang penyimpanan obat-obatan.

Terdapat balkon depan yang dapat diakses dari kamar tidur. Pada kamar tidur terdapat jendela besar pada fasad depan bangunan.

Ini dimaksudkan agar cahaya matahari dapat masuk secara maksimal dan juga mempercantik bagian fasad depan bangunan.

Pada bagian samping ruang tidur juga terdapat jendela yang dapat dibuka, sehingga sirkulasi udara tetap terjaga.

Balkon depan dibuat agak menjorok ke dalam agar tetap terlihat cukup private karena langsung menghadap area komersil.

Bangunan ini menggunakan atap dak beton. Untuk bagian utilitas, bangunan ini menggunakan PDAM sebagai sumber air, kemudian dipompa menuju watertank yang terletak di balkon belakang.

Untuk atap kanopi pentup teras apotek dan office menggunakan atap transparan dengan material kaca tempered.

Beberapa furniture pada interior, seperti rak penjualan obat dan meja office pada area customer dibuat khusus oleh pengrajin internal kami di workshop PUTRA SION MANDIRI.

Layanan pada proyek ini mungkin belum sepenuhnya sempurna dan masih terdapat hal yang kami lewatkan.

Untuk itu, kami akan terus berkomitmen untuk mengembangkan metode kami dalam mendesain, membangun, dan meningkatkan mutu pelayanan kami ke depan.